Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Kamis, 17 Maret 2016

Kisah Nabi Yusuf A.S Lengkap | Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha

Advertisement
Kisah Nabi Yusuf A.S Lengkap - Nabi Yusuf adalah putera ke tujuh daripada dua belas putera-puteri Nabi Ya'qub. Ia dengan adiknya yang bernama Benyamin adalah beribukan Rahil, saudara sepupu Nabi Ya'qub. Ia dikurniakan Allah rupa yang bagus, paras tampan dan tubuh yang tegap yang menjadikan idaman setiap wanita dan kenangan gadis-gadis remaja. Ia adalah anak yang dimanjakan oleh ayahnya, lebih disayang dan dicintai dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain, terutamanya setelah ditinggalkan iaitu wafatnya ibu kandungnya Rahil semasa ia masih berusia dua belas tahun.

Perlakuan yang diskriminatif dari Nabi Ya'qub terhadap anak-anaknya telah menimbulkan rasa iri-hati dan dengki di antara saudara-saudara Yusuf yang lain, yang merasakan bahawa mereka dianak-tirikan oleh ayahnya yang tidak adil sesama anak, memanjakan Yusuf lebih daripada yang lain.
Kasih sayang yang diberikan Nabi Ya’qub kepada Yusuf dan dan Bunyamin seringkali menimbulkan kecemburuan 10 saudaranya yang lain

Rasa jengkel mereka terhadap kepada ayahnya dan iri-hati terhadap Yusuf membangkitkan rasa setia kawan antara saudara-saudara Yusuf, persatuan dan rasa persaudaraan yang akrab di antara mereka. 

Nabi Yusuf tumbuh menjadi seorang laki-laki yang sangat tampan. Ketampanan beliau menjadikan wanita-wanita Mesir jatuh h. Bahkan istri Futhifar pun diam-diam juga sangat menyukai Nabi Yusuf.
 
Kisah cerita Nabi Yusuf as ada dalam satu surat penuh dalam Al Qur an yang bernama Surat Yusuf. Disebutkan bahwa sebab turunnya surat Yufuf adalah karena orang orang yahudi meminta kepada Rasulullah SAW untuk menceritakan kepada mereka kisah Nabi Yusuf 'alaihis salam. Kemudian Allah SWT menurunkan satu surat penuh yang secara terperinci menceritakan kisah Nabi Yusuf as.

Allah SWT berfirman : “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (kami mewahyukan)nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui.” (Qur'an Surat Yusuf ayat: 3)

Berikut ini kisah Nabi Yusuf A.S admin sajikan secara lengkap dalam beberapa bagian di bawah ini:
  1. Saudara-saudara Yusuf Mengadakan Pertemuan Rahasia
  2. Nabi Yusuf Bermimpi
  3. Yusuf Dimasukkan ke dalam Perigi
  4. Yusuf dijual-beli sebagai hamba sahaya
  5. Yusuf dalam godaan nyonya Futhifar
  6. Yusuf dalam penjara
  7. Yusuf dibebaskan dari penjara
  8. Yusuf diangkat sebagai wakil raja Mesir
  9. Pertemuan Yusuf A.S dengan saudara-saudaranya
  10. Yusuf menahan Benyamin sebagai tahanan
  11. Pertemuan kembali keluarga Ya'kub
  12. Beberapa ibrah dari kisah Nabi Yusuf A.S.
Demikian Kisah Nabi Yusuf A.S Lengkap yang bisa kami sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga dengan kita membaca kisah nabi Yusuf  A.S kita bisa mengambil pengajaran dari kisah tersebut. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top