Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Senin, 08 Februari 2016

Surat Al-'Adiyat Arab dan Terjemahannya

Advertisement
Surat Al-'Adiyat Arab dan Terjemahannya - merupakan sebuah surah dalam Al Quran yang terdiri atas 11 ayat. Surah ini tergolong surah makkiyah, surat ini diturunkan setelah surah Al-'Asr. Nama Al 'Aadiyat diambil dari kata Al 'Aadiyaat yang artinya berlari kencang yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-pokok isinya: Ancaman Allah SWT kepada manusia yang ingkar dan yang sangat mencintai harta benda bahwa mereka akan mendapat balasan yang setimpal di kala mereka dibangkitkan dari kubur dan di kala isi dada mereka ditampakkan.


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah, وَالْعَادِيَاتِ ضَبْحًا 1
dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku kakinya), فَالْمُورِيَاتِ قَدْحًا 2
dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi, فَالْمُغِيرَاتِ صُبْحًا 3
maka ia menerbangkan debu, فَأَثَرْنَ بِهِ نَقْعًا 4
dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh, فَوَسَطْنَ بِهِ جَمْعًا 5
sesungguhnya manusia itu sangat ingkar tidak berterima kasih kepada Tuhannya, إِنَّ الإنْسَانَ لِرَبِّهِ لَكَنُودٌ 6
dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya, وَإِنَّهُ عَلَى ذَلِكَ لَشَهِيدٌ 7
dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta. وَإِنَّهُ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيدٌ 8
Maka apakah dia tidak mengetahui apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur, أَفَلا يَعْلَمُ إِذَا بُعْثِرَ مَا فِي الْقُبُورِ 9
dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada, وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ 10
sesungguhnya Tuhan mereka pada hari itu Maha Mengetahui keadaan mereka. إِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ يَوْمَئِذٍ لَخَبِيرٌ 11


Pelajaran Kandungan Surah Al-'Adiyat


  1. Al Qur’an dalam penjelasannya tidak jarang memberi ilustrasi dan tamsil untuk hal-hal yang abstrak dan tidak/sulit terjangkau nalar, seperti halnya ayat-ayat di atas. Demikian jugalah hendaknya para pengajar terhadap peserta didiknya.
  2. Hari Kiamat tidak diketahui kapan datangnya. Karena itu hendaklah yang percaya tentang keniscayaannya selalu siap agar tidak didadak/dikejutkan olehnya
  3. Kekikiran adalah sifat buruk yang diakibatkan oleh cinta yang berlebihan terhadap harta.
  4. Kesaksian manusia terhadap kekikirannya dapat terjadi di dunia, pada saat dia disentuh oleh kesadaran tentang buruknya kekikiran, karena penilaian tentang keburukan kekikiran adalah fitrah manusia dan bersifat universal. Namun, yang pasti kesaksian tersebut terjadi setelah kematiannya pada saat dia menyadari bahwa harta yang ditinggalkannya tidak berguna baginya lagi dan kedurhakaan telah mengantarnya kepada siksa.
  5. Mencintai harta adalah naluri manusia sehingga dibenarkan agama. Yang dikecamnya adalah cinta yang meluap-luap terhadap harta, karena itu berpotensi menjadikan seseorang lupa daratan sehingga mengabaikan nilai-nilai agama dan budaya.
  6. Segala yang dirahasiakan akan tebongkar di Hari Kemudian. Itu diilustrasikan seperti keadaan seorang yang membuka lemari ketika mencari sesuatu dengan tergesa-gesa. Keadaan serupa dalam bentuk yang lebih besar dan serius kelak akan terjadi di dalam kubur. Di sana, dibongkar dan dicari segala sesuatu disertai dengan ketergesagesaan membongkar serta kegelisahan siapa yang dibongkar isi hatinya untuk ditemukan detak-detik jantungnya serta apa yang terdapat dalam bawah sadarnya.
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top