Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Senin, 08 Februari 2016

Surat Al-Fil Arab dan Terjemahannya

Advertisement
Surat Al-Fil Arab dan Terjemahannya - Surah Al-Fil ialah surah yang berada dalam urutan ke-105 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 5 ayat. Surah yang tergolong pada surah Makkiyah namanya diambil dari kata Al Fiil yang berarti Gajah yang diambil dari ayat pertama dari surat ini. Topik surat ini adalah kisah gagalnya usaha penghancuran Ka'bah oleh Abrahah (raja yaman) dan 60.000 tentaranya, dalam tentara tersebut termasuk diantaranya 13 gajah (atau 9 dalam versi lain). Tahun terjadinya peristiwa ini juga dicatat dalam sejarah Islam sebagai Tahun Gajah.


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ 1
Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Kakbah) itu sia-sia?, أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ 2
Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ 3
yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ 4
lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ 5



Surat ini mengandung pembicaraan tentang kejadian yang terjadi dekat sebelum kelahiran Nabi Muhammad Sholollohu’alaihiwassalam. Ringkasnya Abrahah Al Asyram gubernur Yaman di bawah kerajaan Habasyah pernah  berpendapat untuk mendirikan sebuah rumah ibadah (gereja) di Shan’a Yaman.

Dia menyeru bangsa Arab untuk berhaji kepadanya sebagai pengganti haji ke Baitil Haram. Tatkala dia telah membangun gereja yang dinamakan Quallais, sebagai bangunan yang belum pernah di kenal semisalnya dalam sejarah pembangun gereja, maka datang seorang laki-laki Quraisy yang membuang air besar lalu melumuri diding dengan kotoran itu disebabkan kejengkelannya.

Ketika Abrahah melihat bangunan kebanggaanya dengan keadaan seperti itu, maka muncullah api murkanya lalu mempersiapkan pasukan untuk memerangi Mekkah dan mengahancurkan Ka’bah. Berangkatlah bersamanya tiga belas gajah, diantaranya gajah yang bernama Mahmud ( Gajah Terbesar).

Mereka berjalan terus melawati sebuah lingkungan masyarakat Arab kemudian mereka perangi dan berhasil mengalahkannya sampai tiba di Mekkah. Terjadilah perundingan antara mereka dengan Tokoh Mekkah yaitu ‘Abdul Muththalib ( kakek Rasulullah ). Perundingan pun berakhir dengan hasil : Abrahah akan mengembalikan unta Abdul Muththalib kemudian Abrahah bisa berbuat apa saja terhadap Ka’bah.

Abdul Muththalib pun memerintahkan para lelaki penduduk Mekkah untuk mengosongkan negeri ini menuju ke puncak-puncak gunung membawa istri dan anak-anak mereka karena takut terhadap pasukan yang zalim yaitu Abrahah.

Segera pasukan Abrahah bergerak, hingga tiba di lembah Muhassar ( lembah terhina) maka tiba-tiba sekumpulan demi sekumpulan burung datang melempari pasukan itu dengan batu seukuran antara himsh dengan adas ( seperti kacang hijau). Mereka pun meleleh dan berjatuhan dagingnya lalu binasa. Abrahah lari dengan dagingnya yang berjatuhan, namun akhirya mati dalam perjalanan.

Kejadian adalah nikmat dari Allah bagi penduduk Al Haram dan penjaga rumah-nya. Oleh karena itu, bangsa Arab senantiasa memuliakan Ka’bah Al Haram dan penduduknya hingga sekarang.


Sekian pembahasan mengenai Bacaan Surah Al-Fil Arab dan Terjemahannya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kami khususnya, umumnya bagi kita semua.Aamin,
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top