Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Kamis, 23 Maret 2017

Surat Al-Ikhlas Arab dan Terjemahannya

Advertisement
Surat Al-Ikhlas Arab dan Terjemahannya - Surah Al-Ikhlas ialah surah yang berada dalam urutan ke-112 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong dalam surah Makkiyah, terdiri atas 4 ayat. Adapaun isi dalam Surah Al-Ikhlas adalah menegaskan keesaan Allah sembari menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya. Kalimat inti dari surah ini, "Allahu ahad, Allahus shamad" (Allah Maha Esa, Allah tempat bergantung), sering muncul dalam uang dinar emas pada zaman Kekhalifahan dahulu. Sehingga, kadang kala kalimat ini dianggap sebagai slogan negara Khilafah Islamiyah, bersama dengan dua kalimat Syahadat.

 Bacaan Surat Al-Ikhlas


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ 1
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. اللَّهُ الصَّمَدُ 2
Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ 3
dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia". وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ 4

Surah ini meliputi dasar yang paling penting dari risalah Nabi SAW yaitu mentauhidkan Allah dan menyucikan-Nya serta meletakkan pedoman umum dalam beramal sambil menerangkan amal perbuatan yang baik dan yang jahat, menyatakan keadaan manusia sesudah mati mulai dari sejak berbangkit sampai dengan menerima balasannya berupa pahala atau dosa.

Telah diriwayatkan dalam hadis, "Bahwa surah ini sebanding dengan sepertiga Alquran," karena barang siapa menyelami artinya dengan bertafakur yang mendalam, niscaya jelaslah kepadanya bahwa semua penjelasan dan keterangan yang terdapat dalam Islam tentang tauhid dan kesucian Allah dari segala macam kekurangan merupakan perincian dari isi surah ini.

Bagaimana meraih pemahaman tentang ketauhidan Allah semaksimal mungkin, setelah melakukan tafsir Al Ikhlas tadi. Beberapa tips sederhana untuk kita mencoba mentadaburi makna dan tafsir Al Ikhlas itu.
  1. Mentadaburi Bacaan Surat Al Ikhlas dalam bacaan shalat. Tadabbur bisa dicapai dengan memahami makna bacaannya sehingga dapat merenungkan dalam hati.
  2. Berzikir dengan bacaan Al Ikhlas sesuai syariat. Ini membantu menguatkan pengaruh khusyuknya hati. Menghasilkan keberkahan diri, menebalkan pemahaman tauhid Anda. Misalnya: sebelum tidur, saat pagi dan sore.
  3. Bacalah ayat per ayat: Lebih mudah untuk mentadabburinya sesuai sunah Nabi, yaitu bacaan beliau ditafsirkan secara huruf per huruf. Maknanya pun lebih mudah merasuk dalam qalbu kita.
  4. Mencari tafsir Al Ikhlas di alam semesta sebagai ayat kawniyah : sebagai bukti nyata akan ke-Ahadan Allah.
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top