Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Sabtu, 29 Oktober 2016

Surat Al Kaafiruun Arab dan Terjemahannya

Advertisement
Surat Al Kaafiruun Arab dan Terjemahannya - Surah Al-Kafirun ialah surah yang berada dalam urutan ke-109 dalam al-Qur'an. Surat ini terdiri atas 6 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Nama Al Kaafiruun (orang-orang kafir) diambil dari kata yang muncul pada ayat pertama surat ini. Pokok isi surat ini adalah tidak diijinkannya kompromi dalam bentuk mencampuradukkan ajaran agama.

Asbabun Nuzul dirunkannya Surat Al Kaafiruun ini adalah bermula karena ajakan orang-orang kafif atau kaum musyrikin Quraisy kepada Rasulullah SAW untuk menyembah tuhan (berhala) yang mereka sembah. Mereka ingin mengajak Rasulullah SAW dan para saabat untuk menyembah tuhan orang-orang musyrikin mekah dalam waktu satu tahun, baru kemudian orang orang musryrikin Quraisy akan menyembah Allah swt selama satu tahun juga di tahun berikutnya. Dari peristiwa itu, kemudian Allah swt menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjawab ajakan kaum kafir mekkah tersebut.


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir, قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ 1
aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. لا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ 2
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ 3
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ 4
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ 5
Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ 6


Dalam Surah Al Kafiruun ini menjelaskan sikap Nabi Muhammad terhadap kaum dan orang kafir. Penjelasan Surah Al Kafiruun ini mengisyaratkan tentang gagalnya semua usaha orang kafir dalam usaha mereka agar Nabi Muhammad meninggalkan dakwahnya. Karena agama seiap orang tidak dapat di campur adukan. 

Kandungan Surah Al Kaafiruun
  1. Penegasan bahwa TUhan yang disembah oleh Nabi Muhammad dan kaum kaum Muslimin tidaklah sama dengan Tuhan yang dusembah oleh orang-orang kafir (musyrik), begitu juga dalam cara peribadahannya.
  2. Mengisyaratkan tentang gagalnya semua usaha dan harapan orang-orang kafir dalam usaha mereja agar Nabi Muhammad meninggalkan dakwahnya,
  3. Penolakan NAbi Muhammad dan umat Islam terhadap kaum kafir untuk mencampuradukkan keimanan dan peribadahan yang diajarkan agama Islam dengan agama kaum kafir.
  4. Anjuran untuk saling bertoleransi dan menghormati dalam memeluk suatu keyakinan atau akidah.
Nah, demikianlah Kandungan Surah Al Kafiruun yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top