Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Jumat, 26 Agustus 2016

Surat Al-Kautsar Arab dan Terjemahannya

Advertisement
Surah Al-Kautsar Arab dan Terjemahannya - Surah Al-Kausar ialah surah yang berada dalam urutan ke-108 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong dalam surah Makkiyah dan terdiri dari 3 ayat yang menjadi surah terpendek dalam Al-Qur'an. Kata Al-Kausar sendiri berarti nikmat yang banyak dan diambil dari ayat pertama dari surah ini artinya karunia Allah SWT berupa telaga Al Kautsar bagi orang-orang penghuni surga. 

Pokok isi Surah Al-Kautsar ini adalah perintah melaksanakan salat dan berkorban karena Allah memberikan banyak kenikmatan untuk untuk mereka yang beriman sedangkan para orang kafir pembenci Nabi SAW yang mengatakan keturunan Nabi terputus karena semua putranya wafat maka sesungguhnya merekalah yang terputus. (Lihat Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al Azhar).


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
 
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ 1
Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ 2
Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ 3


Berikut ini ISI KANDUNGAN SURAT AL-KAUSAR
  1. Ayat 1: sesungguhnya sangatlah banyak anugerah dan karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia. Tidaklah dapat dihitung berapa banyak karunia itu, sejak al-Qur’an di turunkan sebagai wahyu, nikmat yang diilhamkan sebagai hasil pikiran, kenabian, kerasulan, penutup dari segala rasul, rahmat bagi seluruh alam, pemimpin bagi umat manusia, dan untuk keselamataan dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
  2. Ayat 2: sedemikian banyaknya nikmat atau anugerah Allah yang diberikan kepada manusia, menyebabkan tempat manusia beribadah hanya Allah, tempat manusia bersalat/berdo’a hanya Allah, tiada yang lain. Karena nikmat tidak akan didapat dari selain Allah. Perintah salat disini ialah salat fardhu yaitu salat 5 waktu. Dan perintah selanjutnya apabila ada rezeki setelah manusia salat Idul Adha hendaklah menyembelih hewan kurban. Dan daging kurban yang telah kita sembelih tadi dibagikan kepada tetangga dan masyarakat sekitar sehingga kita tidak termasuk orang-orang yang acuh tak acuh kepada para tetangga. Karena manusia juga termasuk makhluk sosial sehingga kita sebagai manusia juga harus ada rasa kepedulian sosial kepada masyarakat.
  3. Ayat 3: orang-orang kafir telah mencampuradukkan kebenaran agama dengan kekayaan dan keturunan. Mentang-mentang Nabi Muhammad tidak mempunyai keturunan laki-laki maka akan putuslah sebutannya. Kalau Dia (Muhammad) mati, akan habislah sebutannya dan akan habislah agama yang dibawanya yaitu Islam. Itulah persangkaan yang salah dari orang-orang kafir. Padahal, orang-orang kafir itulah yang terputus rahmatnyaa dari Allah karena tidak mengikuti ajaran Nabi Muhammad yaitu agama Islam.
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top