Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Kamis, 13 Oktober 2016

Surat Al-Lahab Arab dan Terjemahannya

Advertisement
Surat Al-Lahab Arab dan Terjemahannya - Surah Al-Lahab ialah salah satu surah yang berada dalam posisi ke-111 dalam Al-Qur'an. Surat yang terdiri atas 5 ayat ini termasuk dalam jenis surat makiyyah. Nama surat ini diambil dari kata Al Lahab yang terdapat pada ayat ketiga surat ini yang artinya gejolak api. Pokok isi surat ini berisi tentang nasib salah seorang paman Rasulullah SAW yakni Abu Lahab beserta istrinya yang diancam dengan siksa neraka.


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ 1
Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ 2
Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ 3
Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ 4
Yang di lehernya ada tali dari sabut. فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ 5


Dalam Surah Al-Lahab ini, ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik darinya, diantaranya:
  1. Surat ini merupakan salah satu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Dimana Allah menurunkan surat ini dalam kondisi Abu Lahab dan istrinya masih hidup, sementara keduanya telah divonis sebagai orang yang akan disiksa didalam api neraka, yang konsekuensinya mereka berdua tidak akan menjadi orang yang beriman. Dan apa yang dikabarkan Allah subhanahu wata’ala Dzat Yang Maha Mengetahui perkara yang gaib pasti terjadi.
  2. Tidak berguna sedikitpun harta benda (untuk melindungi) seseorang dari azab Allah ketika ia melakukan perbuatan yang mendatangkan murka Allah subhanahu wata’ala.
  3. Haramnya menganggu orang beriman secara mutlak.
  4. Tidak bermanfaat sedikitpun hubungan kekerabatan seorang musyrik, dimana Abu Lahab adalah pamannya Nabi tetapi ia di dalam neraka.
Demikian pembahasan Surah Al-Lahab Arab dan Terjemahannya, mudah-mudahan dengan kita mengetahui Surah Al-Lahab ini akan menambah rasa tunduk dan patuh kita kepada Allah subhanahu wata’ala dan menjadi pendorong bagi kita untuk melaksanakan segala perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Amïn Yä Rabbal ‘Älamïn…
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top