Blog Tempatnya Mencari Ilmu dan Amal

Sabtu, 08 Oktober 2016

Surat An-Nashr Arab dan Terjemahannya

Advertisement
Surat An-Nashr Arab dan Terjemahannya - Surah An-Nasr ialah surah yang berada dalam urutan ke-110 dalam al-Qur'an. Surah yang terdiri atas 3 ayat ini termasuk dalam golongan surah Madaniyah. An Nasr berarti "Pertolongan", nama surah ini berkaitan dengan topik surah ini yakni janji bahwa pertolongan Allah akan datang dan Islam akan memperoleh kemenangan.

Dalam suatu riwayat ada dikemukakan bahawa ketika Rasulullah  masuk ke kota Mekah pada waktu fathu mekah, Khalid bin  Al-Walid telah diperintahkan untuk memasuki Mekah melalui dataran rendah untuk bertempur dengan pasukan Quraisy dan   menyerangnya serta merampas harta mereka sehingga memperolehi kemenangan.

Oleh sebab itu, orang Quraisy telah masuk Islam secara beramai-ramai. Maka penurunan ayat ini adalah berhubung dengan  peristiwa ini dan Allah memerintahkan untuk bersyukur kepada-Nya diatas kemenangan yang diperolehi serta meminta ampun  diatas kesalahan yang telah dilakukan.

 
Bacaan Surah An-Nashr Arab dan Terjemahannya 
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Terjemahan Text Qur'an Ayat
Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ 1
Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا 2
maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima tobat. فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا 3

Demikian pembahasan mengenai Surah An-Nashr Arab dan Terjemahannya, semoga bermanfaat dan kita bisa mengambil hikmah dan pelalaran dari surah ini.
Advertisement
Facebook Twitter Google+
Back To Top